Pages

Labels

Smart With The Knowledge And Experience Headline Animator

Make Your Own Wealth

Saturday, June 30, 2012

Negara - Negara Terkecil di Dunia

  Saat saya membaca isi dari topik tersebut, saya begitu tertarik untuk segera memposting ke blog saya. Ada banyak fakta unik mengenai negara - negara yang dikategorikan ke dalam negara terkecil di dunia, salah satunya adalah luas wilayahnya dan jumlah penduduknya, untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan sebagai berikut :

1. Vatikan (State Of Vatican City)

Letak negara Vatikan berada di dalam wilayah kota Roma,Italia. Vatikan merupakan negara terkecil di dunia karena, luas wilayah negara ini tidak lebih dari 0,44 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 800 orang. Bahkan, kebanyakan dari mereka bukanlah penduduk tetap, melainkan pendatang dari berbagai negara yang sedang bertugas di Vatikan. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus, dan wilayah Takhta Suci, serta merupakan pusat Gereja Katholik.


2. Monaco (Principaute de Monaco)
Letak negara Monaco berada di dekat kota Nice, Perancis. Luas wilayah negara Monaco sekitar 1,95 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 32ribu jiwa. Negara ini hanya memiliki satu kotamadya, meskipun tanggung jawab pemerintah dan tingkat kotamadya berbeda. Agama yang dominan adalah agama Katholik Roma dengan bahasa resmi yaitu bahasa Perancis.





3. Nauru (Ripublik Naoero)

Letak negara Nauru berada di sebelah selatan Samudera Pasifik, tepat di bawah Garis Khatulistiwa / di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Luas wilayahnya sekitar 21 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 14 ribu jiwa. Keunikan dari negara ini yaitu, negara ini tidak mempunyai ibu kota tetap. Tapi, pada umumnya Yaren Yaren dianggap sebagai ibu kota, karena pusat pemerintahan Nauru berada di kota tersebut.



4. Tuvalu

Sebelum berganti menjadi Tuvalu, dulunya negara ini dikenal dengan Kepulauan Ellice. Terletak di Samudera Pasifik, diantara Asutralia dan Hawaii. Luas negara ini sekitar 26 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 11.500 jiwa (sensus pada tahun 2006).






5. San Marino (Serenissima Repubblica di San Marino)

Merupakan negara terkecil ketiga di Benua Eropa. Terletak di negara Italia, berbatasan dengan provinsi Rimini. Luas wilayahnya sekitar 61,2 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 29.251 jiwa. San Marino merupakan negara republik konstitusional tertua di dunia, karena dibentuk pada tanggal 3 September 301. Konstitusi San Marino yang diberlakukan pada tahun 1600 juga merupakan yang tertua di dunia yang masih berlaku sampai sekarang.




6. Liechtenstein (Furstentum Liechtenstein)

Negara berbentuk kerajaan ini terletak di antara Swiss dan Austria. Luas wilayah negara ini sekitar 160km2 dengan jumlah penduduk skitar 35ribu jiwa. Liechtenstein merupakan negara yang kaya raya dan makmur karena penghasilan utama negara ini didapat dari sektor perbankan dan sektor pariwisata. Liechtenstein juga di kenal sebagai surga para pengemplang pajak, menurut CIA World Factbook.



7. Republik Kepulauan Marshall (Aolepan Aorokin Majel Republic of the Marshall Islands)

Negara ini terletak di sebelah barat Samudera Pasifik, sebelah selatan berbatasan dengan Nauru dan Kiribati, sebelah barat berbatasan dengan Mikronesia, dan sebelah utara berbatasan dengan Pulau Wake. Luas wilayah negara ini sekitar 181 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 62.000 jiwa. Penemu pertama pulau Marshall merupakan penjelajah asal Spanyol bernama Alonso de Salazar.




Semoga referensi ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih...

0 comments:

Post a Comment